Inilah Cara Memanfaatkan Keong Sawah Untuk Pakan Bebek

Inilah Cara Memanfaatkan Keong Sawah Untuk Pakan Bebek
Keong sawah untuk pakan bebek- Perkembanga populasi keong yang semakin tidak terkendali ternyata semakin membuat resah para petani. Bagaimana tidak menjadi momok menyeramkan dalam masyarakat !? Keong sawah jenis Pomacea canaliculata lamarck atau sering disebut dengan keong emas menjadi musuh utama para petani. Keong ini memakan batang tanaman padi muda yang baru di tanam petani. Selain itu, telur keong emas biasanya banyak menempel pada tanaman padi dewasa, sehingga pertumbuhan tanaman padi menjadi terganggu. Dampak yang paling besar dari musibah ini adalah banyak para petani padi yang terancam gagal panen. Berbagai usahapun telah dilakukan demi menanggulagi hama keong emas ini. Mulai dari penggunaak pestisida, tanaman beracun dan lain sebagainya.
Sebenarnya ada suatu cara yang terbilang sangat ampuh untuk menggurangi dampak buruk keong emas ini. Yaitu menjadikan keong sawahuntuk pakan bebek. Keong emas yang pupolasinya sangat banyak menjadi alternatif pakan bebek. Selain dapat mengurangi resiko gagal panen, manfaat lainnya adalah bebek-bebek yang di budidaya bisa mendapatkan nutrisi yang bagus. Dikarenakan keong emas mengandung berbagai nutrisi yang sangat tinggi.

Keong Sawah Untuk Pakan Bebek-Nutrisi Yang Dibutuhkan Bebek

Inilah Cara Memanfaatkan Keong Sawah Untuk Pakan Bebek
Dalam usaha peternakan bebek baik petelur atau pedaging, pemberian ransum yang berkualaitas atau pakan yang mengandung gizi tinggi merupakan faktor yang sangat besar dalam menentukan keberhasilan peternakan. Namun bebek yang dipelihara ssecara intensif atau semi intensih biasanya hanya diberi pakan olahan pabrik yang harganya sangat tinggi. Tentu saja ini menyebabkan biaya produksi semakin membengkak. Dalam hal ini saja bisa memakan biaya produksi sebesar 60%-70%. Tentu saja biaya pakan ini agak sulit diprediksi, karena hewan bebek merupakan jenis unggas yang sangat doyan makan. Para peternakpun semaki terpuruk saat produksi yang di hasilkan oleh itik mereka hanya mencapai 60% atau bahkan di bawah angka tersebut.
Zat gizi dalam pakan yang dibutuhkan oleh bebek agar pertumbuhannya pesat dan sehat diantaranya adalah air, karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. Setidaknya unsur-unsur tadi terkandung dalam pakan yang kita berikan.
Air
Bebek merupakan unggas yang identik dengan air. Karean habitat asli dari unggas yang satu ini adalah di daerh yang berair. Namun, untuk bebek yang dibudidaya yang di harapkan dapat berproduksi dengan cepat maka pemberian air tidak boleh terlalu banyak. Jika pemberian air terlalau banyak maka bebek akan merasa berada di habitat aslinya sehingga produksinyapun tidak maksimal. Walaupun tidak terlalu banyak, namun pemberian air tidak boleh telat ya, karean jika telat akan berdampak sangat buruk. Air yang diberikan bebek akan berfungis sebagai pengangkut zat gizi dalam darah dan mengatur suhu tubuh bebek. Jika bebek kekurang air pertumbuhan bebek akan terganggu, bebek akan kerdil bahkan mati.


Protein
Protein dibutuhkan bebek sebagai salah satu zat yang sangat penting. Protein berperan untuk membentuk antibotik dalam tubuh bebek tersebut. Sehingga bebek kebal dari berbagi serangan penyakit dan virus. Selain itu protein juga berperan dalam pembentukan sel tubuh baru dan menggantikan sel tubuh yang rusak atau mati. Pemberian protein ini sangat perbengaruh dalam proses produksi. Bebek yang diberi kadar protein 18% akan menghasilkan telur yang lebih baik bila di bandingkan bebek yang hanya diberi kadar protein sebesar 16%.
Vitamin Dan Mineral
Vitamin merupakan salah satu unsur gizi yang di butuhkan bebek dengan jumlah yang tergolong rendah bila di bandingkan dengan air dan protein. Vitamin bagi bebek berfungsi untulk membantu proses pembentukan atau pemecahan zat gizi lain. Sedangkan mineral dibutuhkan bebek untuk membantu proses pembentukan tulang, kulit dan membantu proses metabolisme.
Jika kita menggunakan pakan pabrik untuk mencukupi nutrisi tersebut. Maka sudah dapat ditebak biaya produkisi pakan semakin meningkat. Disinilah, alternatif menjadikan keong sawah untuk pakan bebek berperan.


Keong Sawah Untuk Pakan Bebek- Kandungan Nutrisi Dalam Daging Keong Sawah

Sesuai info yang bersumber dari USDA pada tahun 2006, maka dalam 100 gram keong sawah mengandung:
No.
Kandungan
1.
Vitamin E 5 mg
2.
Vitamin A 100 UI
3.
Folat 6 mg
4.
Niaci 1,4 mg
5.
Kalium 382 mg
6.
Fosfor 272 mg
7.
Zat besi 3.5 mg
8..
Kalsium 170 mg
9.
Magnesium 250 g
10.
Lemak 1,4 g
11.
Karbohidrat 2 g
12.
Protein 16,1 g
13.
Energi 90 kkal
Dengan kandungan gizinya yang sangat tinggi maka alternatif pakan buatan dari keong sawah  ini bisa memperkecil biaya pakan.

Cara Menjadikan Keong Sawah Untuk Pakan Bebek

Ada banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk mengolah keong sawah ini, sehingga di hasilkan pakan bebek berkualitas dengan kandungan gizi yang tinggi.

Cara Membuat Silase Daging Keong Untuk Pakan Bebek
Keong sawah yang mempunyai populasi tinggi dapat kita jadikan pakan bebek dengan cara silase.
  • Pertama, kita harus mengumpukan keong sawah sebanyak-banyaknya.
  • Kita pisahkan daging keong dengan cangkangnya
  • Masukkan daging keong kedalam sebuah wadah, lalu kita cuci menggunakan air bersih, hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran keong.
  • Jika sudah, cucilah kembali daging keong dengan mengunakan air kapur. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan racun yang terkandung dalam tubuh daging keong.
  • Jika sudah, kita harus mencuci daging keong tadi menggunakan air garam. Mencuci dengan air garam bertujuan agar daging keong bisa bertahan lebih lama.
  • Langkah selanjutnya adalah mengiling daging keong dengan mengunakan mesin giling.
  • Campur daging keong dengan bekatul dan konsentrat, aduk hingga tercampur merata.
  • Tambahkanlah bahan fermentasi pakan. Anda bisa mendapatkanya di toko pakan atau obat ternak.
  • Masukkan campuran tadi kedalam drum, padatkan jangan sampai ada rongga udara. Tututp dengan plastik.
  • Kita harus mengeceknya secara berkala, aduk dan padatkan kembali hingga beberapa hari.
  • Silase daging keong sawah siap untuk pakan bebek.

Jika kita ingin membuat pakan bebek dengan cara silase ini, kita harus cermat dan teliti. Karena resiko kegagalan pembuatan pakan bebek dengan cara silase ini cukup tinggi. Hal ini di sebabkan karena daging keong memiliki tekstur yang sangat lembut dan mudah busuk. Jika kita hanya asal-asalan dalam membuatnya bisa-bisa malah pakan yang kita buat bisa busuk.

Cara membuat tepung daging keong sawah
Inilah Cara Memanfaatkan Keong Sawah Untuk Pakan Bebek
Cara membuat tepung daging keong tidak beda jaug dengan cara membuat silase daging keong di atas.

  • Pertama kita harus mengumpulkan keong sawah sebanyak mungkin.
  • Pisahkanlah daging keong dengan cangkangnya.
  • Cuci dengan air bersih.
  • Potonglah daging keong yang sudah di cuci tadi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
  • Lalu kita harus menjemur daging keong ini dibawah sinar matahari yang terik atau kita bisa menggunakan oven untuk untuk membantu proses pengeringan.
  • Jika sudah kering maka daging keong siap untuk digiling.
  • Campur hasil gilingan tadi dengan bekatul dan konsentrat.
  • Tepung daging keong untuk pakan bebek siap digunakan.
Cara ini lebih mudah bila di bandingkan dengan cara silase. Karean dalam proses pembuatannya daging keong telah di keringkan terlebih dahulu. Sehingga resiko daging keong busukpun semakin kecil.

Keong Sawah Untuk Pakan Bebek-Manfaat Keong Sawah Untuk Bebek Petelur

  • Mempercepat pertumbuhan bebek
  • Menambah nafsu makan
  • Mempercepat bebek petelur
  • Mempertahankan bebek untuk selau bertelur
  • Membantu menghasiljan telur bebek yang berkualitas
Itulah tadi info mengenai Keong sawah untuk pakan bebek. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita dan orang yang kita cintai. Terimakasih banyak atas kunjungannya.

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "Inilah Cara Memanfaatkan Keong Sawah Untuk Pakan Bebek"

  1. di kasih makan langsung apa tidak apa-apa kawan?

    BalasHapus
  2. saya deni dari medan sumatra utara siap suplay dedek halus
    premium greade A super dengan harga pasaran dan untuk pengambilan
    banyak harga bisa di nego, silakan hubungi saya untuk barang contoh \
    di wa 0819 1991 2611

    BalasHapus
  3. Berapa takaran pemberian keong mas nya untuk 100 ekor itik petelur dalam sehari....???

    BalasHapus
  4. Berapa takaran pemberian keong mas nya untuk 100 ekor itik petelur dalam sehari....???

    BalasHapus
  5. Kalau di giling dengan cabangnya gmn gan?

    BalasHapus
  6. Apa bisa langsung diksh ke bebek ?

    BalasHapus
  7. Dalam keadan langsung masih utuh brp persent keong nya? Buat pakan bebek, komposisi pakan ddk ,centrat, keong.

    BalasHapus
  8. CV Bahagia Sukses Makmur adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan sewa Tenda Roder / Hanggar serta tenda lainnya. Kami memproduksi tenda dengan ukuran standard ataupun custom untuk kebutuhan gudang, marketing, event, wedding (pernikahan), party, DLL

    Tenda jenis ini sering digunakan untuk kegiatan berskala besar, karena mampu mangakomodasi kebutuhan dan kenyamanan didalamnya. Tenda ini juga memiliki ketahan dan kekuatan yang sama dengan bangunan permanen.

    Tenda Roder Putih dan Tenda Transparan

    Tenda Roder Putih
    Salah satu yang cukup sering digunakan adalah tenda roder dengan penutup PVC putih, Jenis tenda ini menjadi pilihan bagi anda yang ingin mengadakan acara yang bersifat komersil atau lebih privasi.
    Selain untuk event sendiri tenda ini juga sering digunakan sebagai tenda rumah sakit, tenda covid, tenda gudang tenda posko kemanan ataupun darurat.

    Tenda Transparan
    Tenda transparan ini dapat memberikan penerangan yang lebih maksimal dari pada tenda roder putih karena cahaya dapat masuk lebih banyak banyak ke dalam tenda ini. Tenda jenis ini memiliki kesan yang lebih arkistik dan elegan, sangat cocok untuk anda yang memimginkan tampilan cantik pada saat acara dilangsungkan.
    Pada umumnya tenda ini sering digunakan untuk acara event, wedding (pernikahan), party, bazar, pameran, DLL.

    Spesifikasi Tenda Roder
    1. Menggunakan PVC 850 blackout untuk atap nya, Dan bahan dindingnya ada 550, 410, 880 dan 850.
    Bisa disesaikan dengan kebutuhan ataupun keinginan anda.
    Blackouk sendiri tahan terhadap sinar UV matahari, Sehingga saat berada didalam tenda anda akan merasa nyaman.
    2. Memiliki Ukuran yang besar Dan beragam
    Kami memiliki beberapa ukuran bentangan yaitu 10 m, 15m dan 20 m dengan panjang bentangan kebelakang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.
    3. Menggunakan rangka allumunium yang tahan terhadap karat. Atau bisa juga menggunakan besi.
    4. Cocok digunakan untuk segala jenis acara.

    Spesifikasi rangka tenda Roder
    1. Bentangan 10
    memiliki tebal 65 x 100 x 4 mm
    2. bentangan 15
    memiliki tebal 85 x 120 x 4 mm
    3. Bentangan 20
    memiliki tebal 100 x 200 x 4 mm
    *tingginya 3 m untuk bentangan 10 dan 15. Serta 4 m untuk bentangan 20. (bisa custom)

    Anda juga dapat menghubungi kami di :
    https://tendagudangjakarta.blogspot.com/
    https://tendagudangbogor.blogspot.com/
    https://tendaroderbsm.blogspot.com/
    Twitter : @TangerangRoder
    Instagram : @tendapameranjakarta
    Instagram : @tendagudangjakarta
    SHOPEE : @https:tendarodertangerang
    TOKOPEDIA : @partisipameran23
    PINTEREST : @TENDARODERBANDUNG

    BalasHapus