Inilah Manfaat Keong Sawah Bagi Kesehatan Manusia Yang Tidak Pernah Kita Duga

Ada banyak manfaat keong sawah untuk kesehatan manusia. Keong tutut merupakan contoh keong yang memiliki manfaat.
Ada banyak sekali manfaat keong sawah bagi kesehatan manusia. Namun karena minimnya informasi yang berkembang di masyarakat, ahirnya manfaat keong sawah yang sangat besarpun kurang ter ekspor. Sehingga hal ini juga mempengaruhi minat masyarakat untuk memproduksi atau menjadikan keong sawah sebagai salah satu peluang usaha. Sungguh hal ini sangat di sayangkan, padahal manfaat keong sawah bagi kesehatan kita sangatlah banyak.

Walaupun manfaat keong sawah bagi kesehatan diluar dugaan kita, namun kita harus tetap berhati-hati dalam mengkonsumsi keong sawah. Karena kong sawah terbagi menjadi dua jenis, sayaitu keong sawah beracun dan keong sawah tidak beracun. Jenis keong yang kedua inilah keong sawah yang aman untuk kita konsumsi dagingnya.

Masyarakat menyebut keong sawah yang tidak beracun dengan sebutan Keong Tutut. Tutut memiliki nama latin (Pila ampullacea). Keong tutut ini banyak kita jumpai di area persawahan. Sehingga masyarakat sekitar menyebut keong ini dengan nama keong sawah.

Manfaat Keong Sawah Bagi Kesehatan- Kandungan Gizi Pada Tutut


Sunguh sangat luar biasa, keong yang selama ini dianggap sepele oleh sebagian besar masyarkat, malah memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Kandungan gizi keong tutut sangat baik bagi tubuh manusia apalagi untuk mereka yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Kandungan gizi dalam 100 gram daging keong diantaranya adalah:  Kalsium 217 mg, protein 12%, air 81 gram, kalori 90 kalori, kolesterol 50 mg, lemak 1 gram, sodium 70 mg, karbohidrat 2 gram, vitamin A 2% dan niacin.

Manfaat Keong Sawah Untuk Kesehatan Tubuh Manuisa


Setelah kita mengetahui kandungan gizi yang sangat tinggi dalam keong sawah, marilah kita pelajari manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumi daging keong sawah atau tutut.

·         Mengkonsumsi Keong Sawah Untuk Menjaga Kesehatan Jantung Dan Mencegah Serangan Osteoporosis


Salah satu manfaat keong sawah bagi kesehatan adalah untuk menjaga kesehatan jantung
Jantung merupakan organ yang sangat vital dalam tubuh manusia. Jantung berfungsi memompa darah keseluruh tubuh. Namun ahir-ahir ini penyakit jantung banyak terjadi pada masyarakat. Tentu saja hal tersebut di sebabkan oleh pola makan yang kurang sehat, kurang olahraga dan masih banyak faktor lainnya.

Apakah mengkonsumsi keong sawah bisa menjaga kesehatan jantung kita? Jawabanya adalah YA, daging keong sawah atau tutu dapat membantu memelihara kesehatan jantung kita. Kandungan kalsium dalam daging keong sawah tutut sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh manusia. Kalsium ini akan menjaga kerja jantung agar bisa bekerja dengan normal. Sehingga detak jantung teratur dan darah bisa mengalir dengan lancar.


Selain itu, kalsium yang terkandung dalam daging keong juga sangat di butuhkan oleh tubuh untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Jika tulang dan gigi sehat maka resiko serangan osteoporosi dapat di hindari. Osteoporosis ini terjadi karena pelepasan kalsium pada tulang lebih besar dari pada  penyerapan kalsium.

Selain dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit osteoporosis, kalsium yang terdapat dalam daging keong juga berperan sebagai anti oksidan. Anti oksidan ini akan memperkuat daya tahan tubuh untuk melawan radikal bebas yang berasal dari luar tubuh. Dengan ini kita bisa tahu bahwa manfaat keong sawah untuk kesehatan manusia itu sangat banyak.

·         Menkonsumsi Daging Keong Untuk Membantu Pertumbuhan Janin Dan Memelihara Sel Tubuh


Mengkonsumsi daging keong tutut saat ibu hamil, merupakan salah satu cara untuk memenuhi asupan protein. Karena kandungan protein dalam daging keong sangat di butuhkan oleh sang ibu dan janin. Protein sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Protein berperan dalam pembentukan oragan-oragan penting dalam tubuh janin, seperti paru-paru, jantung, tulang, otot dan otak. Saat ibu hamil, asupan protein yang diperlukan oleh ibu hamil yaitu 75 gram per hari. Dengan asupan protein yang cukup pada masa kehamilan, akan membantu ibu untuk memiliki bayi yang sehat dan normal.


Selain membantu pertumbuhan janin, protein juga membantu mengurangi depresi saat ibu sedang hamil. Saat kondisi sedang hamil, tubuh ibu membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan saat kondisi normal. Protein semakin di butuhkan sang ibu saat tiga bulan terahir masa kehamilan untuk mencegah depresi akibat kondisi janin yang semakin berat dan merasa kelelahan. Selain asupan protein, ibu hamil juga harus menncukupi nutrisinya dengan mengkonsumsi omega 3 dan 6 agar gizi tetap seimbang. Selain itu omega 3 dan 6 juga berperan dalam mendukung kecerdasan sang anak.

Tidak hanya itu. Protein akan membatu ibu hamil untuk memelihara sel tubuh agar tetap sehat. Protein akan membatu menganti sel-sel tubuh yang rusak atau sudah mati dengan sel tubuh yang baru.

·         Manfaat Keong Sawah Untuk Menjaga Kesehatan Mata


Untuk menjaga kesehatan mata agar tetap sehat, maka kita harus rajin mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin A. Vitamin A memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan mata. Ternyata vitamin A tidak hanya bersumber dari buah dan sayur saja. Namun kita juga bisa mendapatkan asupan vitamin A dari daging keong yang memiliki rasa sangat gurih.  Kita dapat melihat karena ada pantulan cahaya dari benda-benda di sekitar. Vitamin A membantu kerja retina mata yang berfungsi menyalurkan objek yang diterima menuju ke otak sebagai sebuah gambar. Dalam hal ini, senyawa yang berperan adalah Retinol.

Selain menjaga kesehatan mata, vitamin A dari daging keong juga berfunsi sebagai antioksidan. Seperti yang kita ketahui, salah satu bentuk vitamin A yang dikenal adalah Beta Karotin. Beta Kaotin berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, entah itu yang berasal dari oksidasi tubuh dari dalam tubuh atau polusi udara yang berasal dari luar tubuh. Vitamin A yang berasal dari daging keong sawah atau tutut, juga bermanfaat untuk memperkuat sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Sistem ini, akan menjaga tubuh dari berbagai serangan virus, bakteri, jamur dan patogen.


Demikian info yang bisa saya bagikan mengenai manfaat keong sawah bagi kesehatan manusia. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita dan semua orang yang kita cintai. Saya mengucapkan terimakasih banyak sudah berkunjung ke sini.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Inilah Manfaat Keong Sawah Bagi Kesehatan Manusia Yang Tidak Pernah Kita Duga"

  1. Yg dianggap remes tpi mebgandmen banyak manfaat..
    Pantesan orang dulu pada sehat sehat

    BalasHapus
  2. banyak manfaat yang bisa didapatkan yah dari keong sawah

    cara kirim uang lewat alfamart

    BalasHapus