Manfaat Siput Sawah Untuk Ibu Hamil Yang Perlu Anda Ketahui

Siput Sawah Untuk Ibu Hamil-Kandungan Gizi Pada Siput Sawah Yang Sangat Tinggi


Siput sawah mengandung gizi yang sangat baik untuk ibu hamil
Siput sawah untuk ibu hamil-Saat kondisi ibu sedang hamil, maka seorang ibu membutuhkan banyak asupan gizi yang sehat dan seimbang. Oleh karena itu ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang bergizi. Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi setiap hari, diharapkan fisik sang ibu bisa kuat dalam menjalani masa hamil dan bayi yang dilahirkan pun bisa lahir dengan keadaan sehat dan selamat.
Pertanyaannya adalah apakah semua ibu hamil di Indonesia memiliki ekonomi yang sudah mapan semua. Tentu anda semua bisa menjawabnya dengan jelas. Masih banyak sekali keluarga kurang mampu di Indonesia, sehingga masih banyak para ibu hamil dan anak-anak yang kekurangan gizi. Walaupun demikian, sebenarnya ada cara mudah untuk mencukupi asupan gizi yang seimbang tanpa harus dengan harga yang mahal. Para ibu tidak usah kawatir, karena banyak terdapat siput sawah untuk ibu hami yang sangat kaya akan gizi.
Siput merupakaan hewan yang banyak ditemukan di berbagai daerah indonesia. Ada banyak jenis siput di Indonesia. Dari banyaknya siput yang hidup di Indonesia, ada beberapa jenis siput yang bisa dimakan dan dikonsumsi oleh manusia. Salah satu contohnya adalah keong sawah atau tutut. Kandungan gizi pada keong ini sangat tinggi dan tidak diragukan lagi oleh masyarakat.

Keong tutut berbeda dengan keong emas walaupun mereka sama-sama tingal di area persawahan atau tempat-tempat yang berair. Jika kita ingin mencari tutut untuk di konsumsi kita harus bisa memisahkan antara keong tutut dan kong emas. Karena keong emas merupakan jenis keong yang beracun dan cukup berbahaya untuk manusia. Cara termudah untuk membedakaan antara keong tutut dengan keong emas adalah dengan melihat ciri fisiknya. Keong emas memiliki cangkang berwarna lurik kecoklatan sedangkan keong sawah tutut memiliki cangkang yang berwarna hijau pekat sampai hitam. Keong tutut inilah siput sawah yang aman dikonsumsi dan sangat baik untuk ibu hamil karena kandungan gizinya yang tinggi.

Walaupun siput sawah mengandung banyak gizi dan merupakaan siput sawah yang baik untuk ibu hami, namun banyak masyarakat Indonesia banyak yang belum mengetahu kandungan gizi yang terkandung pada siput sawah ini. Sehingga masyarakat Indonesia kebanyakan hanya menjadikan siput sawah ini sebagai makanan jajanan atau lauk pauk yang jarang dikonsumsi. Karena hal tersebut masyarakat Indonesia kurang semangat dalam memproduksi hasil olahan siput sawah yang sangat baik untuk ibu hami ini.

Para ahli gizi dari beberapa negara seperti Nigeria, Afrika dan dari Universitas Uyo menyatakan bahwa siput sawah mempunyai kandungan protein dan zat besi yang sangat tinggi. Selain itu siput sawah juga mengandung nutrisi berlimpah seperti vitamin A, magnesium dan kalsium yang sangat di butuhkan oleh tubuh kita. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli gizi dalam 100 gram sajian daging siput terkandung gizi yang tidak kalah dengan makanan mahal lain. Diantaranya adalah kalori sebesar 90 kalori, kolesterol 50 mg, 1 gram lemak, 70 mg sodium, 2 gram karbohidrat, 16 gram protein, 2 persen vitamin A, dan zat besi 19%.

Baca Juga: Fakta Unik Mengenai Keong Sawah Yang Beracun

Ibu hami dan anak-anak sangat dianjurkan untuk mendapatkan asupan zat besi yang cukup, karena zat besi dapat mencegah anemia atau kurang darah pada ibu hamil dan anak-anak. Oleh sebab itu keong bisa menjadi alternatif untuk mencukupi kebutuhan zat besi setiap harinya. Oleh sebab itu, siput sawah sangat baik untuk ibu hamil. Mungkin masyaraka Indonsesia masih jarang yang mengkonsumis siput sawah atau tutut. Namun mengkonsumsi daging  siput sawah yang diolah menjadi berbagai macam masakan sudah banyak dilakukan di negara-negara Asean atau Asia Tenggara. Tutut atau keong sawah memiliki rasa yang sangat gurih dan nikmat. Hal positif lainnya adalah siput sawah mempunyai kadar lemak atau kolesterol yang tergolong rendah. Bisa kita simpulkan juga bahwa keong sawah atau tutut terdiri dari 15% protein, 2,4% lemak dan sisanya sekitar 80% adalah air. Dan perlu kita ketahui, bahwa kandungan lemak sebesar 75% dalam tubuh tutut merupakan Unsaturated Fatty Acids atau lemak baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Nah dengan kandungan gizi yang sangat tinggi seperti yang sudah di jelaskan di atas, maka tutut bisa di jadikan sebagai makanan alternatih yang bergizi tinggi, dengan harga yang sangat terjangkau.

Apakah masih ada gizi lain selain yang sudah di jelaskan di atas? Tentu saja masih ada, siput sawah atau tutut juga banyak mengandung vitamin yang sangat di perlukan oleh tubuh. Diantaranya vitamin A, E, Niacin dan folat. Seperti yang kita tahu, vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin E dibutuhkan tubuh agar kulit tetap sehat. Sedangkan folat sangat baik untuk para ibu hamil. Dengan asupan folat yang seimbang maka angka bayi lahir cacat bisa di tekan.


Manfaat Siput Sawah Untuk Ibu Hamil Yang Sangat Luar Biasa

Sudah dijelas diatas mengenai kandungan gizi daging siput yang sangat luar biasa. Lalu apakah peranan penting gizi yang terkandung dalam daging siput sawah bagi ibu hamil? Berikut akan kami jelaskan secara detail.

·    Kandungan Kalsium Siput Sawah Untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi siput sawah tutut saat hamil, membantu memenuhi kebutuhan nutrisi
Apakah ibu hamil membutuhkan asupan kalsium yang cukup?
Kalsium adalah salah satu jenis mineral yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Tubuh membutuhkan kalsium untuk membantu proses pembentukan tulang dan gigi. Selain membantu pembentukan tulang dan gigi, kalsium juga berperan penting dalam menjaga kesehatan otot tubuh, jantung dan sistem syaraf. Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi akan membantu meningkatkan kesehatan tubuh. 

Ada banyak jenis makanan yang mengandung kalsium yang tinggi. Siput sawah tutut merupakan sumber kalsium tinggi yang sangat terjangkau bagi semua lapisan masyarakat. Oleh karena itu, sebaiknya kita bisa memanfatkannya semaksimal mungkin.
Kalsium dibutuhkan janin untuk membantu proses pembentukan tulang dan gigi. Bahkan kalsiumpun masih sangat kita butuhkan hingga usia lanjut. Dalam hal ini, kalsium berguna untuk mencegah pengeroposan tulang dan ganguan tulang lainnya.

Ibu hamil memerlukan kalsium kurang lebih 1000 miligram per hari. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jumlah kalsium yang sebanyak ini didapatkan dari mengkonsumsi makanan tinggi kalsium. Asupan kalsium yang seimbang akan menjaga masa kehamila agar tetap sehat. Asupan kalsium yang cukup juga akan mengindarkan ibu hamil dari kondisi Preklamsia yaitu kondisi tekanan darah tinggi saat masa kehamilan.
·        Kandungan Protein Siput Sawah Untuk Ibu Hamil
Ibu hami memerlukan asupan protein sebesar 60 gram perhari. Jumlah ini tentu saja lebih tinggi daripada saat ibu tidak hamil, dimana hanya membutuhkan asupan protein 50 gram saja perhari.
Adapun manfaat protein untuk ibu hamil adalah sebagai berikut:
  • Berguna dalam pertumbuhan jaringan, plasenta dan otak.
  • Sebagi sumber kalori yang akan diubah menjadi tenaga.
  • Membantu dalam proses pembentukan darah, cairan tubuh, dan pembentukan sel-sel janin agar sempurna.
  • Membentuk anti bodi atau sistem kekebalan tubuh untuk ibu hami dan janin.
  • Menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.
Sungguh sangat banyak manfaat protein bagi kesehat Ibu hamil dan janin. Namun sungguh sangat berbahaya jika asupan protein kurang dalam masa kehamilan yafisitu beresiko menyebabkan ukuran bayi lebih kecil atau prematur, beresiko mengalami masalah bibir sumbing dan kelainan fisik yang lain. Oleh karena itu mari kita selalu menjaga kesehatan ibu dan janin dengan mengkonsumsi protein dengan takaran yang seimbang.
·         Kandungan Omega 3 Siput Sawah Unuk Ibu Hamil
Omega 3 adalah asam esensial yang tidak bisa di produksi sendiri oleh tubuh. Ibu hamil sangat memerlukan omega 3 untuk menjaga kesehatan ibu dan janinnya. Omega 3 sangat baik untuk membantu kecerdasan otak janin, selain itu omega 3 juga berperan sebagai anti-inflamasi yang mampu meringankan kondisi medis serta sangat baik untuk kesehatan rambut.

Itulah manfaat siput sawah untuk ibu hami yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat untuk kita dan orang-orang yang kita cintai. Tidak lupa saya mengucapkan terimakasih banyak sudah berkunjung kesini.

Subscribe to receive free email updates:

26 Responses to "Manfaat Siput Sawah Untuk Ibu Hamil Yang Perlu Anda Ketahui"

  1. Masukkan komentar Anda...mantap

    BalasHapus
  2. Apakah ibu hamil 4 bulan boleh makan tutut sawah.???

    BalasHapus
  3. Sangat membantu bagi bumil2 baru spt saya, trimakasiiih πŸ™

    BalasHapus
  4. Makasih atas infonya. Sangat bermanfaat bagi saya karena waktu saya nyidam ingin makan siput sawah sempat berfikir boleh nggak yaa. Ternyata siput sawah kandungan nutrisinya bagus untuk bumil

    BalasHapus
  5. Kalo org kampung banyak yg percaya mitos kalo makan tutut saat hamil pas lahiran bisa bikin ngantuk katanya.

    BalasHapus
  6. Trimksh Ats infonya sangat bermanfaat Krn banyak yg bilang , orang hamil gk boleh mkn Tutut ...termasuk ibu saya yg ngelarang , tpi setelah saya baca ini akhirnya saya bisa membedakan mana yg boleh di makan , mna yg gak boleh di makan...(dengan membaca saya jadi banyak pengetahuan , trmksh....)

    BalasHapus
  7. Akhirnya ... Santaaappp,bumil πŸ˜‹

    BalasHapus
  8. Sempat khawatir wkt mkn tutut boleh apa gk.y... tp stlah mmbaca ini saya cukup lega...ternyata bnyk mengandung gizi dan vitamin..dan bagus buatt bumil..trmksh

    BalasHapus
  9. boleh gak sih buat ibu hamil yg baru 2 bulan makan tutut soalnya ada yg bilang gak boleh makan tpi baca artikel yg di atas malah bagus duhhh jadi bingung

    BalasHapus
  10. Iya NIH ada juga yng bilang bikin ngantuk Saat proses lahiran jadi ragu

    BalasHapus
  11. Saya juga barusan makan tutut hamil 4 bulan karna ngidam sampe ke bawa mimpi hahha

    BalasHapus
  12. Saya juga barusan makan tutut hamil 4 bulan karna ngidam sampe ke bawa mimpi hahha

    BalasHapus
  13. Saya juga barusan makan tutut hamil 4 bulan karna ngidam sampe ke bawa mimpi hahha

    BalasHapus
  14. Ada yg blng mkn tutut sawah ituvbisa membuat kulit bayibmenjadi hitam?
    It bner gak yah?

    BalasHapus
  15. Tutut atau siput sawah itu sejenis kreco? Yg kecil"

    BalasHapus
  16. Saya juga hamil masih 3bln ..makan kreco itu boleh kah??

    BalasHapus
  17. Wahh terima kasih penjelasannya, jd saya ga khawatir untuk mkan tutut kebetulan kehamilan saya sudah trimester akhir, doakan semoga lancar, ktnya tutut bagus untuk obat lambung dan kuning(liver)

    BalasHapus
  18. Saya suka bgt keripik siput....😁

    BalasHapus
  19. Suka bgt makan tutut .. Kenyal kenyal .. Ah untunglah jika mengandung bnyak manfaat ..

    BalasHapus
  20. Trima ksh infoπŸ™πŸ˜‡

    BalasHapus
  21. Berarti yang boleh di makan adalah siput yg cangkangnya warnanya lurik2 ya kak? Apakah nama lainnya adalah bekicot?

    BalasHapus
  22. Saya juga nyidam keong ,tp pda nglarang pdhl uda hbis bnyk
    Jdi bingung nih

    BalasHapus